Skip to content

Cerita Ramadhan : Malam Ke 11, Malam Minggu Skripsi

Oke, jadi ini adalah sesi MMS (Malam Minggu Skripsi), yapp itu adalah malam minggu yang lumayan kelabu buat para Jomblo kesepian yang sedang skripsi. Galau, iya, menderita, banget, tapi tetep optimis dan semangat dalam mengerjakan skripsi. Biar apa yang diusahakan selama hampir satu tahun ini bisa menghasilkan sesuatu yang bisa dikatakan something gitu kan..

Skripsi, yap itu tugas akhir bagi para mahasiswa yang mengambil Strata 1. Pasti dihadapi, hanya saja pastinya beda-beda. Ada yang mudah, dan ada yang susah. Ya karena setiap skripsi kan harus unik, biar gak dikatain plagiarism. Apalagi kalo skripsi anak TI, itu bener-bener menguras tenaga. Udah harus meneliti ditempat yang diteliti terus diminta analisis masalahnya, terus cari solusinya terus dibikin aplikasinya.

Tahap yang kadang agak nyesek ya pas analisa itu, bingung, gak jelas apa yang mau dianalisa nih. Kebetulan analisa saya radak2, ya sudah apa yang ada didalam otak itu saja yang saya tuliskan. Belum lagi berhadapan dengan flowchart, DFD, ERD. Terus tahap akhir ya itu Koding. Kolak dingin kalik yaaa,,,

Proses itu belm selesai sampai disitu, kita juga harus sering-sering yang namanya cek validasi apakah sudah benar sesuai yang diharapkan atau tidak, atau bahkan jauh dari yang diharapkan. Hal-hal seperti itu kalau kita gak kuat, bisa-bisa molor. Soalnya skripsi kan gak ada deadlinenya, jadi ya gak ada paksaan.

Tapi alhamdulillah saya diberikan dosen yang lumayan keren, yapp ketika saya mengajukan bab 3, pak dosen langsung acc pendadaran aja, terus ketemu sama beliau bawa naskah lengkap. jlebbb,, tapi ya oke, semangat dehhh. Kelar deh, sekarang tinggal mempelajarinya saja, biar lebih mateng.

Owya soal MMS ini ada sebagian orang yang gak mau membahas, dan bahkan akan sangat sensi sekali ketika ada yang bahas ginian. So, kata-kata motivasi pagi ni adalah :

Skripsi itu jangan difikirkan, tapi DIKERJAKAN!!!!!!

Andriyas Efendi

Author: Andriyas Efendi

Anak dari petani yang pengin tinggal didesa yang sepi, tapi tetep ada internet yang memadai serta kuota yang unlimited.